Rutinitas Senam Pagi MI Darul Ulum Rejomulyo

Written By Pralistyaputra on Jumat, 12 Januari 2018 | 18.09.00

Rutinitas Senam Pagi MI Darul Ulum Rejomulyo - Sabtu pagi sebelum KBM dimulai semua siswa siswi dan guru MI Darul Ulum Rejomulyo sudah berkumpul di halaman merapaikan barisan. Sebelum KBM dimulai khusus hari sabtu memang merupakan waktunya untuk melankasakan rutinitas senam pagi. Kegiatan tersebut bertujuan untuk tetap menjaga dan membiasakan seluruh warga MI Darul Ulum Rejomulyo menanamkan hidup sehat.

Pagi itu senam dipimpin oleh siswi kelas 6 yang berdiri paling depan guna sebagai instrukutur sehingga bisa ditiru oleh semua peserta. Banyak sekali berbagai jenis senam yang biasanya dilaksanakan oleh MIDUR, diantaranya Senam Pramuka, Senam Pinguin, Senam Gemu Famire, Senam Chicken Dance, dan Senam Goyang Duyu.

Rutinitas Senam Pagi MI Darul Ulum Rejomulyo

Suasana berlansung ceria, tertib dan aman, terlihat sekali wajah bahagia para peserta senam. Mereka mengaku senang dengan kegiatan senam ini karena selain badan sehat juga bisa sebagai rfreshing otak. Senam sambil berjoget karena memang senam yang disajikan merupakan senam-senam moderen yang sangat populer dikalangan anak muda.

Banyak sekali manfaat dari senam pagi sebenarnya jika kita mau melaksanakanya, diantara manfaat dari senam pagi adalah sebagai berikut :

  1. Menghambat proses penuaan Jarang yang mengetahui bahwa salah satu manfaat senam pagi adalah untuk menghambat proses penuaan. Lho, kok bisa? Dengan melakukan gerakan senam, sistem peredaran darah akan berjalan dengan lancar. Darah, seperti yang kita ketahui, mengangkut oksigen dan nutrisi yang dibutuhkan oleh setiap jaringan tubuh. Jadi, jika peredarannya lancar, maka setiap anggota tubuhpun akan mendapatkan pasokan nutrisi esensial serta oksigen yang memadai. Hasilnya, Anda akan terlihat lebih bugar, segar, dan bergairah.
  2. Meningkatkan kebugaran fisik Dengan melakukan gerakan senam yang ritmis dan dinamis, Anda secara tidak langsung telah memompa produksi hormon adrenalin. Nah, inilah yang kemudian membuat jantung berdetak lebih cepat sehingga Anda akan terhindar dari penyakit kardiovaskular. Selain itu, banyaknya otot tubuh yang bekerja saat melakukan gerakan senam akan menurunkan risiko Anda mengalami cedera otot atau persendian.
    Rutinitas Senam Pagi MI Darul Ulum Rejomulyo
  3. Menyeimbangkan osteoblast dan osteoclast Manfaat senam pagi yang selanjutnya adalah untuk menyeimbangkan osteoblast dan osteoclast. Apa itu osteoblast dan osteoclast? Dua istilah tersebut mengacu pada sel yang ada pada tulang. Jika osteoclast merupakan sel yang berfungsi untuk membentuk tulang dari tulang rawan dan jaringan ikat membran; maka, osteoblast merupakan sel yang berfungsi untuk memecah matriks tulang yang telah mati dan kemudian menyerap kalsium yang tersisa di dalamnya untuk diubah menjadi tulang yang baru. Nah, banyak ahli berpendapat bahwa senam pagi dapat menyeimbangkan jumlah osteoblast dan osteoclast. Hasilnya, pembentukan tulang di dalam tubuh akan berjalan optimal sehingga Anda terhindar dari risiko osteoporosis serta penyakit tulang lainnya.
    Rutinitas Senam Pagi MI Darul Ulum Rejomulyo
  4. Membantu menurunkan berat badan Bagi Anda yang sedang berusaha untuk menurunkan berat badan, maka senam pagi bisa menjadi salah satu jenis olahrga ideal yang dapat dicoba. Pilihlah jenis senam yang banyak melibatkan gerakan aktif dan cepat, seperti senam aerobik. Lincahnya gerakan pada senam aerobik akan membuat tubuh Anda lebih aktif dalam membakar kalori. Apalagi jika senam dilakukan sebelum sarapan, maka tubuh yang belum mendapatkan pasokan kalori akan membakar lemak sebagai cadangan energinya.
  5. Menciptakan perasaan bahagia Layaknya jenis olahraga lainnya, senam pagi juga dapat merangsang otak Anda untuk melepaskan hormon endorphin. Hormon ini dikenal banyak pihak sebagai hormon berfungsi untuk memperbaiki mood, meningkatkan imunitas, mengurangi stres, serta meningkatkan daya ingat dan konsentrasi.
Rutinitas Senam Pagi MI Darul Ulum Rejomulyo ini dilaksanakan setiap hari sabtu pukul 07.00 WIB. Pukul 07.30 WIB senam usai dilanjutkan dengan salam-salaman peserta didik dan Bapak/Ibu Guru.
Blog, Updated at: 18.09.00

0 komentar:

Posting Komentar