KKG Kec Barat dan Kartoharjo Gelar Simulasi CBT di MI Darul Ulum

Written By Pragev Pralistya on Rabu, 20 Februari 2019 | 20.49.00

Berkembangnya Ilmu pengetahuan dan teknologi menjadikan segalanya menjadi lebih mudah. Begitu juga dalam dunia pendidikan, tahun ini madrasah ibtidaiyah sekabupaten Magetan telah resmi akan menggunakan teknologi CBT ( Computers Based Test )

CBT atau Computers Based Test adalah Ujian yang dilaksanakan menggunakan media komputer. Mekanisme ujian akan dikomputasi penuh oleh sistem yang ada, baik dalam mengerjakan soal, distribusi soal serta penilaian. Setiap peserta tes akan mendapat paket soal secara acak yang tidak akan sama dengan peserta lain. Dengan demikian sistem akan mampu meminimalisir peserta melakukan kegiatan contek mencotek atau mengintip jawaban peserta lainnya. Begitu juga dalam hal penilaian, semua akan dilakukan dan diproses oleh sistem komputer. Dengan demikian tidak perlu repot-repot lagi melakukan koreksi manual karena nilai hasil ujian/test akan otomatis muncul dan tersimpan didalam komputer.

Simulasi cbt yang digelar oleh tim KKG kecamatan Barat dan Kartoharjo tersebut bertujuan untuk mengetahui kemampuan dan kesiapan peserta ujian serta melatih para siswa peserta ujian agar terbiasa dalam menggunakan sistem ujian menggunakan CBT. 

Tidak hanya itu saja, ketua panitia simulasi Lukman, S.Pd.I juga menuturkan bahwa ujian ini digelar juga dalam rangka try and eror. Sebelum pada akhirnya benar-benar melaksanakan ujian berbasis komputer. Terbukti setelah diadakanya simulasi tersebut ditemukan beberapa permasalahan didalam sistem aplikasi cbt. Ada beberapa permasalah yang akhirnya kita temukan setelah melakukan simulasi ini, seperti ada beberapa perangkat komputer yang tidak bisa terkonek ke server, kemudian beberapa soal juga tidak muncul. Namun karena ini dilakukan secara bersama-bersama seluruh madrasah sekecamatan Barat dan Kartoharjo artinya permasalahan tersebut bisa di cari solusinya secara bersama-bersama dan Alhamdulillah sudah beres semua tambah , kata ketua panitia Simulasi tersebut. Seperti diketahui simulasi tersebut diikuti oleh seluruh madrasah ibtidaiyah sekecamatan Barat dan Kartoharjo yaitu MI Darul Ulum Rejomulyo, MI Mambaul Huda Panggung, MI Bayemtaman, MI Gunungan, MI Singo Walisongo, MI Nurul Islam Klurahan. Simulasi tersebut digelar sejak hari Senin, 18 Februari 2019 sampai dengan hari Rabu 20 Februari 2019 dengan peserta siswa kelas 6.

Pasca simulasi bersama tersebut diharapkan sudah tidak ada lagi eror dan permaslahan serta setiap madrasah mampu melaksanakan simulasi sendiri di madrasah masing-masing guna mempersiapkan UAMBD BK tahun pelajaran 2018/2019.
Blog, Updated at: 20.49.00

0 komentar:

Posting Komentar