Semangat Pagi, Sekali-Kali Jalan Pagi

Written By Pragev Pralistya on Minggu, 11 Maret 2018 | 20.29.00

Pagi itu suasana terlihat berbeda di MI Darul Ulum Rejomulyo, jika biasanya hari sabtu pagi Midur menggelar senam pagi namun kali ini senam pagi tersebut ditiadakan. Sabtu pagi 10 Maret 2018 siswa siswi mi darul ulum rejomulyo diajak untuk melakukan kegiatan lainya yang juga tak kalah seru dengan senam pagi yaitu jalan-jalan pagi.


Jalan pagi tersebut digelar guna merefresh anak agar tidak bosan dengan kegiatan sabtu pagi. Anik Setyorini saat dimintai keterangan mengenai kegiatan tersebut menuturkan bahwa sabtu pagi sesekali harus digelar jalan kaki seain merefresh kegiatan anak juga sangat banyak sekali manfaatnya.
"Ya sesekali kita harus jalan pagi, biar anak tidak bosan kalo senam terus kan anak-anak lama-lama bosan. Selain itu jalan pagi kan sangat banyak sekali manfaatnya" kata Anik salah satu guru pendamping dalam kegiatan tersebut.

Memang tak bisa dipungkiri jalan pagi merupakan aktifitas yang sangat banyak sekali manfaatnya, dan berikut beberapa manfaat jalan kaki pagi hari :

20 Manfaat Jalan Kaki Pagi

1. Mencegah osteoporosis – Kesehatan tulang tidak hanya membutuhkan kalsium dan manfaat vitamin D, melainkan juga membutuhkan gerakan badan dengan berjalan kaki kurang lebih 1000 langkah setiap hari dan sinar matahari pagi setidaknya 15 menit sehari. Apabila jalan pagi ini dilakukan secara rutin, maka tulang kita akan bertahan lebih lama dari ancaman osteoporosis.

2. Menguatkan otot – Manfaat jalan kaki pagi, mampu membuat otot kaki, paha termasuk bokong menjadi kuat bahkan mampu meningkatkan daya tahan otot karena badan yang bergerak, sehingga stamina tubuh akan terjaga.

3. Menurunkan Berat badan – Berat badan yang berlebihan adalah hal yang sangat tidak diinginkan oleh sebagian besar orang. Selain bisa membuat penampilan menjadi tidak menarik, namun juga memiliki potensi tubuh terjangkiti dengan penyakit-penyakit kronis. Jika memiliki masalah obesitas, cara terbaik untuk mengatasinya adalah dengan berjalan kaki di pagi hari. Karena berjalan kaki di pagi hari dapat membakar kalori jika dikerjakan secara rutin.


4. Melancarkan sirkulasi darah – Berjalan kaki di pagi hari juga berfungsi sebagai latihan yang mampu mempercepat detak jantung hingga memompa darah ke seluruh tubuh seperti manfaat jogging. Akibatnya, sirkulasi darah dalam tubuh akan tetap terjaga.

5. Mengontrol gula darah – Tidak hanya mengkonsumsi sejumlah manfaat sayur-sayuran yang akan mengurangi gula darah. Namun sebuah penelitian dari American Medical Association menemukan bahwa, orang yang latihan di pagi hari termasuk jalan kaki, mampu menunjukkan kontrol yang lebih baik pada gula darah sepanjang hari.

6. Menjaga kesehatan jantung– Serangan jantung adalah penyakit yang sering menyebabkan kematian bagi penderitanya. Terang saja, sebab jantung sendiri merupakan inti dari sistem tubuh manusia yang memiliki peran untuk memompa darah ke seluruh tubuh. Oleh karena itu, siapa saja akan rela melakukan apapun untuk mengobatinya. Jadi jika ingin memiliki jantung sehat dan terhindar dari serangan jantung, cara yang cukup mudah dilakukan adalah dengan manfaat berjalan kaki. Jalan kaki pada pagi hari mampu membuat kinerja jantung menjadi lebih baik, sehingga serangan jantung dapat dihindari.

7. Menyehatkan paru-paru – Berjalan kaki dengan tempo yang cepat, akan baik untuk kesehatan paru-paru. Sebab, udara yang dihirup di pagi hari adalah bersih dan belum terkontaminasi oleh polusi asap

8. Mencegah Diabetes – Jalan kaki setiap pagi secara rutin, mampu membuat kadar gula darah dalam tubuh tetap stabil terjaga sehingga mampu mencegah datangnya penyakit diabetes. Berdasarkan penelitian dari National Institute of Diabetes and Gigesive and Kidney Diseases, dengan kecepatan 6 km/ jam dan dilakukan selama 50 menit saja, mampu mencegah diabetes dengan berjalan kaki secara berkelanjutan.

9. Menurunkan Tekanan Darah – Manfaat jalan kaki pagi, mampu membuat tekanan darah menjadi rendah dan mampu mengurangi kelengketan antar sel darah. Hal tersebut jika terjadi, bisa mengakibatkan gumpalan bekuan darah yang bisa menyumbat pembuluh darah.

10. Menurunkan Kolesterol – Saat tubuh bergerak pada waktu berjalan kaki di pagi hari, maka kolesterol baik akan bekerja sebagai spons penyerap kolesterol jahat.

11. Mencegah Stroke– Studi terbaru menyatakan bahwa dengan berjalan kaki selama 20 jam dalam seminggu, mampu menurunkan resiko serangan stroke sebanyak 2/3 kali. Inilah yang menyebabkan orang pada zaman dulu hanya sedikit yang terkena stroke. Selain mengkonsumsi makanan seperti manfaat buah-buah dan sayuran, pola hidup mereka berbeda dengan yang sekarang, karena selalu berjalan kaki jika ingin bepergian.

12. Menjaga kebugaran dan Kekebalan Tubuh – Manfaat olahraga dengan berjalan kaki pagi, sebanyak 3 kali dalam seminggu bisa meningkatkan kebugaran dan menjaga sistem pernafasan. Dengan kondisi tubuh yang bugar, tentu saja hal itu akan berbanding lurus dengan peningkatan kekebalan tubuh.

13. Meningkatkan metabolisme tubuh – Manfaat jalan kaki pagi mampu membakar kalori pada tubuh sehingga metabolisme dapat meningkat, bahkan sekalipun saat sedang diam.

14. Membakar lemak dalam tubuh – Dikatakan bahwa jalan kaki di pagi hari selama 20 menit tiap hari, akan membakar kurang lebih 7 pound lemak per 20 menit.

15. Menghindari Jerawat – Jerawat adalah salah satu momok tersendiri bagi yang memilikinya. Jika berjalan kaki di pagi hari, ternyata mampu membuat kualitas kulit semakin baik begitu pula dengan masalah jerawat ini. Sebab, jalan kaki di pagi hari membantu kulit untuk bernafas, dengan oksigen yang bebas dari polusi dan kabut, serat memiliki efek melembabkan kulit. Bahkan jika berkeringat, kulit pori-pori akan terbuka dan dibersihkan yang hasilnya dalam beberapa hari saja akan membuat kulit tampak lebih sehat.

16. Membantu Otak melepaskan hormon endorfin – Endorfin ini adalah hormon yang mengandung senyawa kimia yang mampu membuat seseorang merasa senang. Hormon ini diproduksi oleh kelenjar pituitary yang terletak di bagian bawah otak. Seperti morphine, hormon ini bahkan dikatakan memiliki kekuatan 200 kali lebih besar dari morphine sehingga sangat mampu untuk menimbulkan perasaan senang dan nyaman dan membuat seseorang berenergi.

17. Meningkatkan kekuatan konsentrasi – Tidak hanya manfaat bermain catur yang mampu mengasah otak, tapi dengan berjalan kaki di pagi hari membuat kita akan lebih waspada. Hal ini mengoptimalkan kekuatan otak untuk semakin berkonsentrasi.

18. Seperti Melakukan Meditasi – Memperbaiki kesehatan kaki di pagi hari sama halnya dengan meditasi, seperti yang ditemui pada manfaat yoga. Angin segar mampu melepaskan energi positif dan membantu mengatasi masalah mental seperti depresi karena mampu mengatasi depresi inilah, maka kesehatan mental menjadi lebih baik.

19. Mencegah Pikun – Masalah kepikunan sendiri banyak mempengaruhi orang yang memiliki usia diatas 65 tahun. Jika rutin berjalan kaki di pagi hari, maka secara fisik akan mampu melindungi fungsi otak dan mampu mengurangi resiko pikun hingga 40%.

20. Menjaga kualitas tidur yang baik– Dari sebuah penelitian yang dilakukan di Fred Hutchison Cancer Research Center di Seattle, menunjukkan bahwa olah raga yang dilakukan pada pagi hari membantu kenyenyakan tidur pada malam hari.

Dalam kegiatan tersebut terlihat wajah gembira dan antusias dari siswa siswi midur. Start jalan kaki pagi dimulai dari MI Darul Ulum, kemudian melintasi jalan utama karangmojo kebarat menuju desa mrahu. Sampai di desa mrahu kemudian peserta jalan kaki pagi istirahat di masjid desa mrahu. setelah beristirahat mereka melanjutkan perjalanan berjalan kembali menuju MI Darul Ulum Rejomulyo. Pukul 08.00 mereka telah sampai di MI Darul Ulum dan bersiap menjalani aktifitas belajar mengajar.

Blog, Updated at: 20.29.00

0 komentar:

Posting Komentar