Ekstrakurikuler Komputer Sebagai Wujud Pembinaan Siswa Dalam Bidang IT

Written By Pragev Pralistya on Selasa, 09 Januari 2018 | 05.56.00

Ekstrakurikuler Komputer Sebagai Wujud Pembinaan Siswa Dalam Bidang IT - Ekstrakurikuler komputer merupakan salah satu kegiatan KBM MI Darul Ulum Rejomulyo yang tergabung didalam Jam Full Day. Pembinaan Ekstrakurikuler Komputer dilaksanakan pada pukul 13.30 WIB sd 14.30 WIB. Selasa, 09 Januari 2018 pukul 13.30 WIB kelas IV putri giliran mendapat jam pelajaran ekstrakurikuler komputer tersebut. KBM tersebut berjalan lancar dan tertib, terlihat antusias para siswi kelas 4 yang sedang menerima materi dari tutor. 

Ekstrakurikuler Komputer merupakan salah satu program yang di maksudkan untuk membekali anak didik dalam hal keterampilan menggunakan media IT khususnya Komputer/Laptop. Dengan demikian setelah lulus dari MI Darul Ulum Rejomulyo diharapkan peserta didik mampu menguasai serta mampu menyelasikan berbagai problematika yang terkait dengan dunia komputer.
Ekstrakurikuler Komputer Sebagai Wujud Pembinaan Siswa Dalam Bidang IT

Jika anak tingkat MI mampu menguasi Microsoft Office saja dengan benar maka kedepanya pastilah sangat bermanfaat. Hal ini juga akan mempermudah peserta didik untuk menghadapi materi dibidang komputer yang lebih lanjut pada jenjang sekolah selanjutnya. Karena sudah memiliki modal pengetahuan terkait Media IT maka peserta didik lulusan MI Darul Ulum Rejomulyo tentunya diharapkan lebih unggul dalam bidang kompuuter dibanding siswa siswi lain diusianya.

Perkembangan era globalisasi menuntut manusia untuk terus mengikuti trend mode. Tak terkecuali dalam dunia IT. dalam sepuluh tahun terakhir dapat kita lihat betapa cepatnya perkembangan dunia IT. Selain itu betapa besarnya pengaruh media IT bagi kehidupan manusia tertuama bagi kalangan anak-anak dalam masa pertumbuhan. Jika tidak diarahkan dengan benar dalam pemanfaatan media IT maka tak elak banyak yang terjerumus ke hal-hal yang negatif serta merugikan bagi anak tersebut.
Ekstrakurikuler Komputer Sebagai Wujud Pembinaan Siswa Dalam Bidang IT

MI Darul Ulum mencoba  membendung pengaruh arus akibat media IT dengan mengarahkan siswa kedalam keterampilan-keterampilan dalam menggunakan media IT terutama komputer/laptop. Anak-anak diajarkan pengetahuan serta hakikat dasar sebuah media IT. Bahwasanya media IT diciptakan untuk memudahkan pekerjaan manusia bukan utnuk justru merugikan diri sendiri terlebih orang lain.
Melalui Ekstrakurikuler Komputer peserta didik kelas 3 diberikan materi pengenalan komputer serta pemanfaatanya, Kelas 4 diberikan materi dasar microsoft office (Word, Excel). Kelas 5 diberikan materi microsoft office tingkat lanjut seperti pengolahan data melalui MS Excel serta Pembuatan materi yang dikemas dalam bentuk slide dengan MS. Power Point. Selain itu juga dikenalkan media internet serta penggunaanya.

Dengan demikian diharapkan MI Darul Ulum benar-benar mampu Membentuk insan yang berkompetensi akademik intelektual dan teknologi ( IPTEK ) yang dijiwai akhlakul karimah dengan “ berilmu, beramal, bertaqwa” ( IMTAQ ).
Blog, Updated at: 05.56.00

0 komentar:

Posting Komentar