Mengurai Makna Idul Fitri YDUR Gelar Halal Bihalal Bersama Siswa Siswi

Written By Pragev Pralistya on Jumat, 22 Juli 2016 | 07.16.00

Mengurai Makna Idul Fitri YDUR Gelar Halal Bihalal Bersama Siswa Siswi  - Id(ul), dari ‘ied itu kembali. Fithrah posisi kata-nya di situ menjadi fithri. Penulisan Indonesianya Idul Fithri, Idul Fitri, idulfitri, silahkan yang mana yang disepakati. Yang utama bagi peristiwa silaturahmi adalah ia bisa sampai, dipahami, dan dipercaya keberangkatan dan niat baiknya.

Untuk ‘silaturahmi’ silahkan juga gunakan ‘silaturahim’. Posisi konteksnya sedikit beda, tapi substansinya sama. Banyak kemungkinan, dilemma, relativitas dan kelemahan-kelemahan transliterasi. Apalagi dari Huruf Hijaiyah ke Huruf Latin. Apalagi Huruf Latin dengan tradisi Bahasa Inggris dan Budaya Barat, bisa sangat berbeda dibanding Huruf Latin dengan taste Melayu atau Jawa, yang keberangkatannya adalah sound-taste.
Mengurai Makna Idul Fitri YDUR Gelar Halal Bihalal Bersama Siswa Siswi

Bahasa Arab yang artinya ‘matahari’ bisa ditransliterasi berbeda: syams, shams, atau shams. Kata Arab yang artinya ‘buah’ ditulis tsamr, lainnya thamr. ‘Lalim’ ditulis dholim, juga zalim. ‘Sembahyang’ bisa shalat, syalat, salat. ‘Mengingat’ : dzikir, zikir, dhikir….

Yang penting dari perbedaan-perbedaan ini adalah tidak ada upaya untuk bermusyawarah menuju suatu kemufakatan. Tidak ada silaturahmi antara para transliterator. Tidak ada kerendahan hati antara kelompok-kelompok pengguna. Tidak muncul keperluan bersama yang menyatu dalam kemashlahatan. Yang lebih berlangsung adalah saling menyalahkan, egosentristik dengan latar belakang budaya dan pengetahuannya masing-masing. Bahkan saling menghardik, membenci, sampai menerakakan.
Mengurai Makna Idul Fitri YDUR Gelar Halal Bihalal Bersama Siswa Siswi

Senin 18 Juli 2016 Seluruh Keluarga Yayasan Darul Ulum Rejomulyo menggelar kegiatan Halal-bihalal silaturahmi bersama para siswa - siswi MI, TK, dan PAUD Darul Ulum Rejomulyo. Kegiatan berlangsung dengan lancar dimulai dengan sambutan Guru Besar / Pembina Yayasan sekaligus Kepala Madrasah MI Darul Ulum Rejomulyo yaitu Bapak KH. MOCH. Nurul Islam. Beliau menyampaikan sedikit tauziah mengenai makna Idul Fitri dan mengucapkan selamat datang dan selamat bergabung kepada seluruh siswa-siswi baru MI, TK dan PUD Darul Ulum. Semoga kelak siswa - siswi baru ini akan meneruskan prestasi yang sudah diraih selama ini baik dari MI, TK maupun PAUD Darul Ulum dan semoga kelak senantiasa menjadi generasi bangsa yang berilmu, dan beraklhakul kharimah.
Mengurai Makna Idul Fitri YDUR Gelar Halal Bihalal Bersama Siswa Siswi

Setelah sambutan dari bapak KH. MOCH. NURUL ISLAM acara diteruskan dengan halal bihalal dengan bersalam-salam. Gema sholawat yang dilantunkan Bapak K. MOCH. Nurul Iman menambah kesejukan hati setiap peserta halal bihalal dalam memaknai kegiatan tersebut.
Mengurai Makna Idul Fitri YDUR Gelar Halal Bihalal Bersama Siswa Siswi

Dengan dilaksanakanya halal bihalal tersebut harapanya adalah untuk kembali menghapus semua dosa dari setiap kesalahan sekecil apapun. Acara Silaturahmi halal bihalal ini dilaksanakan bertepatan dengan hari pertama masuk sekolah pasca liburan semester genap. Semua siswa-siswi nampak tersenyum lebar mengawali hari pertama mereka kembali bersekolah Dengan segudang harapan dan cita-cita. Pukul 08.23 WIB Acara berakhir para siswa siswi kembali masuk ke kelas melanjutkan kegiatan Sekolah.
Blog, Updated at: 07.16.00

0 komentar:

Posting Komentar