Haul KH. Abdurrahman Tegalrejo

Written By Pragev Pralistya on Rabu, 15 November 2017 | 17.01.00

KH. Abdurrahman Tegalrejo merupakan mursyid tarekat syattariyah yang menyebarluaskan ajaran Tarekat syattariyah di wilayah magetan dan sekitarnya. sebelum KH. Abdurrahman menetap di tegalrejo kecamatan Semen, beliau bernama K. Nur Basori yang bertempat tinggal di Mawatsari Banjarsari Kabupaten Madiun. Berdasarkan sejarah yang dirilis oleh ahli waris, beliau meninggalkan Banjarsari sekitar tahun 1820. Sementara itu berdasarkan keterangan dari kitab yang ditinggalkan oleh KH. Abdurahman beliau ketika masih menggunakan nama Kyai Nur Basori medarake (mengajarkan) tarekat akmaliyah. Tarekat akmaliyah yang beliau pake adalah akmaliyah yang silsilahnya dari jalur sunan Ngampel. 


Setelah 20 Tahun beliau pergi berkelana hingga sampai di surakarta bertepatan dengan perang diponegoro beliau mendapatkan amanah untuk menjadi bupati. Tahun 1832 KH. Abdurahman kembali berkelana dan sampailah beliau di sebuah wilayah yang merupakan gabungan dari beberapa kadipaten pada waktu itu. Ketika berkelana beliau memakai nama samaran yaitu Bagus Bancalana. Di tegalrejo KH. Abdurahman babat mulai tahun 1835 sampai dengan beliau meninggal dan akhirnya dimakamkan di Tegalrejo Semen kabupaten Magetan.

Nama Abdurahman merupakan nama dari putra beliau yang meninggal saat masih kecil dan dimakamkan di Mawatsari. Setelah melaksanakan ibadah haji beliau menggunakan "KH. Abdurahman" kemudian nama "Nur Basori" diberikan kepada putra ketujuh yang bernama mbah "Iskaq".
Tahun 1897 KH. Abdurahman meninggal dan dimakamkan di belakang masjid Tegalrejo yang menjadi pusat penyebaran tarekat syattariyah akmaliyah.

Pondok Pesantren Darul Ulum sebagai tempat penyebarluasan penerus ilmu Mbah KH. Abdurrahman akan mengadakan Haul pada :

Hari, Tanggal : Sabtu, 18 November 2017
Waktu : 19.30 WIB
Tempat : Pondok Pesantren Darul Ulum Rejomulyo
Ds. Rejomulyo Kec. Barat Kab. Magetan
Mauidzoh Hasanah : KH. Abdul Jalil at Thoyyib Assa'id
( Pengasuh Ponpes Al Itihadut Thoyyib, Grabag Magelang )
Hadir Pula : 1. Mursyid Tarekat Syattariyah Jawa Tengah dan Jawa Barat
2. Pengurus Jatmi Pusat
3. Syekh Dr. Dhiyauddin Qhuswandi (Malang)
4. Dr. Bambang (Penasehat Spiritual Kraton Kacirebonan
Blog, Updated at: 17.01.00

0 komentar:

Posting Komentar