Memaknai Tahun Baru Hijriyah dengan Semangat Kreatifitas

Written By Pragev Pralistya on Senin, 24 Oktober 2016 | 03.07.00

Memaknai Tahun Baru Hijriyah dengan Semangat Kreatifitas - Sabtu lalu 15 Oktober 2016 siswa-siswi MI, TK, dan PAUD Darul ulum menggelar pentas seni dan kreasi. Acara tersebut digelar dalam rangka memperingati tahun baru hijriyah.

Tahun baru hijriyah merupakan tahun baru dalam penetapan kalender islam. Didalam pagelaran pentas seni dalam rangka tahun baru hijriyah tersebut MI Darul Ulum Rejomulyo mencoba menggali makna dan hikmah yang terkandung didalamnya dengan semangat kreatifitas dan seni yang dituangkan dalam berbagai penampilan diantaranya seni sholawat dan hadroh, qiro'ah, puisi dan masih banyak lagi lainya.

Hikmah 1 Muharram tahun baru islam menurut arti dan makna - Adapun yang menjadi titik balik atau tolak ukur diberlakukannya peringatan 1 muharram sebagai tahun baru islam adalah merujuk kepada perjalanan Rasululloh Muhammad SAW ketika melakukan Hijrah dari kota Mekkah ke Madinah sesuai perintah Allah SWT. Proses hijrahnya Nabi Muhammad SAW dan para sahabat mengandung banyak hikmah, diantaranya ialah setiap insan atau manusia dimasa sekarang diharuskan melakukan hijrah atau berpindah dari satu keadaan menuju maqom atau tempat yang lebih baik dalam arti proses berpindahnya sifat sifat buruk menuju perbaikan kebaikan, sehingga peringatan 1 Muharram sebagai tahun baru islam mampu menghadirkan momentum berharga dan mendatangkan manfaat lahir bathin bagi orang-orang yang berakal tidak hanya sekedar mengetahui sejarahnya saja melainkan mampu membawa i’tibar besar bagi umat.

Acara dibuka oleh ketua panitia yaitu ibu siti rohani, S.Ag. Beliau mengucapkan banyak terima kasih kepada semua pihak yang sudah ikut membantu terselanggaranya acara tersebut. Dilanjutkan sambutan pembina yayasan darul ulum rejomulyo KH. MOCH. NURUL ISLAM yang memberi sedikit bimbingan mengenai makna dan hikmah tahun baru hijriyah. Beliau memaparkan hijriyah artinya hijrah, dimana dalam kehidupan sehari-hari harus kita maknai sebagai proses perjalanan dari keadaan sebelumnya menuju keadaan yang lebih baik dalam hal sikap, moral, akhlaq, dan budi pekerti.

Acara dilanjutkan dengan penampilan dari semua perwakilan masing-masing kelas dari MI Darul Ulum Rejomulyo ditambah penampilan TK dan PAUD Darul Ulum Rejomulyo.
pasca tampilnya semua perwakilan dari masing-masing kelas siswa siswi MI, TK dan PAUD Darul ulum rejomulyo acara ditutup dengan doa oleh bapak Saroso, S.Pd.

Melalui semangat kreatifitas siswa diharapkan mampu menggali makna yang terkandung didalam peringatan tahun baru islam. Siswa siswi mampu berhijrah / berpindah dari  satu keadan menuju keadaaan dalam artian membuang sifat-sifat buruk dan membangkitkan sifat-sifat baik yang ditanamkan dalam setiap diri siswa - siswi darul ulum rejomulyo. Mampu menjaga dan mengamalkan ilmu, amal, dan taqwa yang menjadi jargon yayasan darul ulum rejomulyo.
Blog, Updated at: 03.07.00

0 komentar:

Posting Komentar